Cara Mudah Memperbaiki Diri Melalui Motivasi


Artikel Rekomendasi :

Agar bahagia dan puas, seseorang perlu termotivasi. Motivasi pada dasarnya memberi kita harapan untuk melihat ke depan dan bermimpi lebih tinggi. Inilah kekuatan yang mendorong kita untuk terus maju untuk terus memperbaiki diri. Tapi kenapa kita perlu berubah? Orang berubah karena berbagai alasan. Beberapa diantaranya berubah karena mereka tidak ingin menghadapi rasa sakit dalam hidup mereka. Beberapa perubahan karena mereka muak dengan kegagalan mereka. 

Misalnya: nilai yang buruk bisa membuat kita menyadari pentingnya kerja keras saat belajar dan bisa memotivasi kita untuk berubah. Demikian pula, hutang bisa membuat kita mencari pekerjaan lain atau melakukan lebih dari satu pekerjaan.

Jangan Perdulikan Hal Negatif

Dunia ini penuh dengan kenegatifan dan apapun yang dikatakan orang, kita perlu menghadapi kenegatifan ini dan mencoba untuk mengindarinya. Tapi Andalah yang harus memutuskan. 

Siapa yang bertanggung jawab atas hidup Anda, Anda atau lingkungan Anda? Sekali Anda memutuskan bahwa Anda bertanggung jawab atas apapun yang terjadi.  Anda akan meletakkan kaki Anda ke bawah dan melupakan apa pun yang negatif di sekeliling Anda.

Tinggalkan Zona Nyaman

Mudah bagi kita untuk tetap tinggal di tempat perlindungan zona nyaman kita, tapi apakah Anda pernah mencoba melangkah keluar dari zona nyaman dan menyelinap mengintip ke dalam apa yang ada di baliknya? Apa sebenarnya yang mencegah Anda melakukannya? Kegagalan? Ketakutan? Malu?

Tetapkan Tujuan

Hal mendasar yang Anda butuhkan untuk memperbaiki diri adalah yang pertama, memiliki tujuan dan menetapkan beberapa tujuan. Sekali Anda tahu tujuan secara spesifik maka dengan mudah mempertahankan fokus dan tidak tersesat oleh hal-hal yang menghalangi jalan Anda.

Selanjutnya adalah menetapkan beberapa rencana konkret yang dapat memungkinkan Anda mencapai tujuan. Sambil merencanakan, jangan hanya berpikir dalam zona nyaman Anda. Keluar dari zona nyaman anda untuk menemukan yang hal baru. Identifikasi masalah dan keterbatasan Anda dan gunakan teknik untuk mengatasinya. Pastikan bahwa Anda tahu apa kelemahan dan perbaiki mereka saat berada dalam domain nilai etika yang Anda hargai.

Jalankan Rencana Tanpa Peduli Berhasil atau Sebaliknya

Jalankan setiap yang anda renanakan tanpa harus khawatir berhasil atau tidak. Kegagalan tidak akan menghancurkan Anda, tapi justru akan memperkuat Anda. Rancang bangun kembali rencana kerja Anda jika kegagalan terjadi, mengidentifikasi setiap celah dan gunakan metode yang tepat untuk membantu Anda mengatasi celah ini. 

Setiap kegagalan mengajarkan apa yang harus dihindari dan diakhiri dengan memberi Anda pelajaran besar. Belajarlah dari pelajaran ini sehingga Anda bisa memperkuat langkah baru.

Cobalah untuk menghindari pikiran negatif dari orang sekeliling Anda. Pikiran dan kata-kata seperti itu cenderung membatasi potensi diri dan membuat Anda menjadi lemah. Jika Anda percaya pada rencana dan berfokus pada arah perubahan hanya jika Anda menginginkannya, terlepas dari apa yang orang lain katakan. 

Pendekatan ini akan membuat Anda melompati keterbatasan yang menghalangi setiap jalan yang ditargetkan.

Terakhir, Anda perlu menikmati hidup dan mengambil banyak hal saat mereka datang. Bila Anda bahagia dan puas, pikiran Anda akan bekerja lebih cepat dan kesuksesan akan sesuai keinginan Anda. Jadi berpegang teguh pada mimpimu, kendalikan hidupmu dan bersiaplah untuk menikmati perjalanan dengan yang lebih baru.




Previous Post
Next Post