5 Rahasia Orang Sukses Berinovasi dalam Kehidupan Sehari-hari

inovasi adalah
Artikel Rekomendasi : 

Apa itu Inovasi ?

Inovasi adalah pemanfaatan gagasan baru yang mengarah pada penciptaan produk, proses atau layanan baru. Bukan hanya penemuan gagasan baru yang penting, tapi sebenarnya "Agar pasar Semakin Ramai", mempraktikkan dan memanfaatkannya dengan cara yang mengarah pada produk, layanan atau sistem baru yang memberi nilai tambah atau meningkatkan kualitas. 


Ini mungkin melibatkan transformasi teknologi dan restrukturisasi manajemen. Inovasi juga berarti mengeksploitasi teknologi baru dan menggunakan pemikiran out-of-the-box untuk menghasilkan nilai baru dan membawa perubahan signifikan dalam masyarakat.


Jenis Inovasi

Para ahli telah mengidentifikasi banyak jenis inovasi seperti Inovasi Produk yang memerlukan pengenalan produk baru atau layanan yang baru, 'Inovasi Proses' yang terdiri dari penerapan metode produksi atau pengiriman baru atau yang meningkat secara signifikan, 'Inovasi Rantai Pasokan' di mana inovasi mengubah sumber produk masukan dari pasar dan pengiriman produk ke pelanggan dan 'Inovasi Pemasaran' yang menghasilkan evolusi metode pemasaran baru dengan penyempurnaan dalam desain produk atau kemasan, promosi Atau harga.

Manfaat Inovasi

Studi telah memastikan bahwa semua bisnis ingin lebih inovatif kreatif. Satu survei mengidentifikasi bahwa hampir 90 persen bisnis percaya bahwa inovasi merupakan prioritas bagi mereka. Kesimpulannya adalah pentingnya peningkatan inovasi, dan meningkatnya secara signifikan. 


Dalam skenario ekonomi saat ini, innovativeness telah menjadi faktor utama dalam mempengaruhi perencanaan strategis. Telah diakui bahwa inovasi mengarah pada penciptaan kekayaan. Meski efisiensi sangat penting untuk kesuksesan bisnis dalam jangka panjang, hal itu tidak dapat mempertahankan pertumbuhan bisnis.



Paling sering direncanakan dan diukur terhadap kombinasi gagasan, objek, dan orang mengarah pada inovasi yang menghasilkan ide bisnis baru dan revolusi teknologi. Agar bisa disebut inovasi berharga, produk dan layanan baru perlu cukup kuat untuk dikembangkan melalui proses komersialisasi yang ketat dan masuk ke target pemasaran. 



Pakar manajemen Peter Drucker mengatakan bahwa jika sebuah organisasi mapan, yang di zaman ini membutuhkan inovasi dan tidak dapat berinovasi, ia menghadapi penurunan dan kepunahan. 


Banyak organisasi mengadopsi langkah-langkah untuk memperkuat kemampuan mereka berinovasi. Perusahaan semacam itu menciptakan sistem operasi yang andal untuk inovasi, indikator penting keberlanjutan perusahaan.


Penelitian telah menunjukkan bahwa persaingan yang dikombinasikan dengan permintaan yang kuat merupakan pendorong utama inovasi. Intensitas persaingan adalah penentu inovasi dan produktivitas. Inovasi, selain produk dan layanan, juga mencakup proses baru, sistem bisnis baru dan metode manajemen baru, yang memiliki dampak signifikan pada produktivitas dan pertumbuhan.



Hari ini, kita membutuhkan inovator lebih dari sebelumnya. Setiap organisasi dan bisnis merasakan dampak revolusi globalisasi, migrasi, teknologi dan pengetahuan, dan isu-isu perubahan iklim. Inovasi akan membawa nilai tambah dan memperluas basis kerja. Inovasi sangat penting jika kualitas hidup dalam keadaan sulit ini membaik. Inovasi akan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi generasi muda.



Salah satu kunci bisnis yang sukses adalah mampu menghasilkan ide baru untuk menjaga agar operasi, produk dan layanan tetap segar. Proses membawa gagasan tersebut ke realitas disebut inovasi. 



Sambil memikirkan gagasan baru adalah satu langkah dari prosesnya, bisnis memiliki tugas yang jauh lebih besar untuk mengubahnya menjadi produk atau layanan aktual yang akan menguntungkan pelanggan. Perusahaan yang melakukan hal ini dengan baik, menurut Beckley, adalah perusahaan yang pada akhirnya akan Memiliki kesuksesan yang berkelanjutan



Meski penting, penelitian juga menunjukkan bahwa sebagian besar karyawan merasa organisasinya tidak melakukan cukup untuk mendorong inovasi. Studi Accenture menemukan penurunan dalam kepuasan dengan kinerja inovasi selama tiga tahun terakhir. 



Sementara yang berbeda oleh studi oleh Deloitte Touche Tohmatsu Limited menemukan bahwa hanya seperempat dari karyawan bahwa pemimpin bisnis cukup melakukan tindakan untuk mendorong praktik yang mendorong Pengembangan ide baru


Inovasi Untuk Motivasi Diri Sendiri

Setiap orang memiliki bakat untuk berinovasi, dan mengenal diri namun terkadang sebagian orang tidak merasa memilikinya. Jika anda pernah mengagumi kreatifias seseoang, berarti anda pun bisa menciptakan sesuatu hasil karya inovasi anda. Kebiasaan ini membutuhkan fokus terhadap waktu anda, bahkan sebuah kotak pun bisa anda inovasi menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain.


Proses anda belajar mengendarai sepeda, motor atau mobil pasti akan terjadi kesalahan entah itu lecet, atau menabrak sesuatu yang ternyata pengalaman tersebut membekas dan membuat anda mengambil sudut pandag yang baru untuk mengatasi kesalahan tersebut. Demikian juga cara anda berinovasi, dibutuhkan sedikit latihan agar kebiasaan terjadi dan mudah untuk anda melakukannya setiap dibutuhkan



Cobalah untuk tidak mendengarkan perkataan orang lain, karena anda punya keunikan tersendiri. Jadi ikuti cara-cara anda dalam berinovasi karena bisa membuat ide anda sederhana namun orisinil. Jangan membuang waktu dan usaha anda agar orang lain mengerti, dan biasanya umpan balik negatif yang anda dapatkan. Seperti kita hidup di abad pertengahan secara langsung jika seuma orang jenius itu mendengarkan teman seusianya.



inovasi dalam organisasi
Jadi mulai dari sekarang untuk meluangkan waktu anda untuk selalu berinovasi. Saya tidak akan memaksa anda mengikuti tips ini, tapi dengan anda mengambil focus waktu tertentu berhenti sejenak dari pekerjaan anda bisa menajamkan berinovasi. Memang membutuhkan manajemen waktu yang rumit, namun dengan sedikit disiplin anda bisa mengkombinasikan keduanya. 



Dan juga jangan lupakan olah fisik sederhana, seperti jalan-jalan lakukan satu atau dua mil. Kirimkan semua endorfin yang mengalir pembuluh daran anda. Hasil baiknya dengan melihat sekeliling begitu banyak ide yang anda dapatkan tentunya menambah bumbu untuk anda berinovasi. Berolah raga membersihkan dan menenangkan pikiran Anda memungkinkan munculnya invoasi anda yang fresh.



Catat segala macam impian anda walaupun hal yang paling gila, yang tidak dipikirkan oleh pikiran sadar anda. Saya yakin impian yang pernah anda impikan adalah kekuatan inovasi yang belum tergali secara menyeluruh hal yang anda temukan di dalamnya. Jadi catatlah setiap impian anda karena bisa jadi mimpi itu menciptakan percikan karya inovatif di dalam diri anda.



Your style is unique style. Ya temukan gaya anda, begitu pula Van Gogh dari Matiise. Hemingway menulis sesuatu dengan pilihan kata-kata dengan gayanya sendiri. Begitu pula dengan anda, orang akan lebih menghargai inovasi anda. Karena keunikannya hanya milik anda dan tidak ada orang lain apa yang anda pikirkan. Jadi orang akan melihat betapa berharganya aset yang anda miliki.



Tidak perlu menggunakan set alat yang mahal untuk membuat sesuatu yang bagus untuk menghasilkan sebuah maha karya. Seperti menulis anda tidak perlu pena air yang mahal ga ketulungan dan kertas yang super halus untuk sebuah buku yang laris. J.K Rowling saja menulis buku pertama Seri Harry Potter ditulis pada potongan-potogan kertas. 



Lalu bagaimana jadinya jika anda memiliki kamera SLR yang mahal tapi seorang fotografer yang tidak mempunyai kemampuan membuat momen foto yang baik. Seniman sebenarnya mengurangi jumlah alat yang dimilikinya saat dia menjadi lebiha baik dalam keahliannya, dia tahu mana yang berhasil menciptakan inovasi mana yang tidak.



Tidak akan tercipta inovasi jika anda tanpa gairah untuk mewujudkannya. Coba keinginan apa yang membangunkan anda di pagi hari, hal apakah yang membuat anda tidak akan hidup jika anda tidak melakukannya. Temukan sekarang juga hal yang membakar gairah untuk meningkatkan inovasi anda. 



Ellen Degeneres pernah mengakatan bahwa jika Anda tidak melakukan sesuatu yang ingin anda lakukan maka anda tidak benar-benar ingin melakukannya. Dan itu benar, terkadang anda hanya menginginkan sesuatu yang buruk sehingga anda tidak menahanya, dan itu adalah passion. Dengan passion anda akan terus bergerak.




Jika anda membaca tentang orang-orang yang sukses berinovasi - seperti Steve Jobs, Marissa Mayer, atau Elon Musk – Bagaimana caranya mereka dengan mudahnya berifikir sesuatu yang kita tidak memikirnya. Bagaimana mungkin mereka bisa terus menghasilkan gagasan hebat yang mengubah bisnis, industri dan bahkan mengubah dunia ?
Jawabannya adalah “praktek”
Beruntungnya bagi kita, taktik cerdas yang digunakan para visioner ini untuk menjaga otak mereka tetap tajam dan berpikiran berbeda sehingga dapat meningkatkan kecerdasan dalam kita berinovasi berikut 5 cara orang-orang sukses untuk lebih berinovasi dalam kehidupannya sehari-hari.

1. Mereka Membiarkan IDE Gila Tercipta



Sama seperti waktu kita kecil pastinya gagasan-gagasan konyol selalu muncul dan kita yakin akan bisa mewujudkannya. Tidak ada batasan pemikiran berdasarkan usia, tingkat pengalaman, bagaiman dunia beroperasi atau hal lainnya. 



Tapi setelah kita dewasa banyak dari kita dan terlalu banyak mengeksekusi memikirkan padahal itu malah membuat gagasan kita tidak akan berkembang. Berhenti tepat ditengah jalan.



Padahal ide “gila” adalah sebagian besar inovasi paling suskes yang muncul. Dan orang-orang yang berhasil mewujudkannya karena mereka percaya diri bahwa ide gila mereka bisa menjadi kenyataan.



Musk, yang sekarang menjalankan salah satu perusahaan mobil listrik paling sukses di dunia (Tesla) dan perusahaan manufaktur kedirgantaraan yang paling inovatif (SpaceX). Dalam sebuah wawancara pada tahun 2014 dia mengakui, “ Saya pikir Tesla dan Space X akan gagal sejak awal “ namun dia percaya diri untuk mengembangkannya, dengan cara membuang sebagian besar uang, dan waktu untuk usaha “gila” ini.



Jadi hentikan berkompromi dengan ide gila anda. Jennifer Hseih. VP Insight, Strategy, and Innovation at Marriot International mengatakan bahwa “Keyakinan kreatif ialah berbicara tentang bagaiman kebanyakan kita terlahir kreatif, dan dengan latihan kita dapat menemukan kembali kemampuan untuk menghasilkan ide baru dan keberanian untuk mengujinya” Jadi beranikan diri untuk mewujudkan ide gila anda.



2. Mereka Merasa Nyaman Dengan Ketakutan



Banyak orang mempercayai bahwa untuk menjadi pemimpin dalam inovasi anda harus tidak takut. Faktanya justru hal tersebut sebaliknya Musk mengatakan “ saya tidak akan mengatakan bahwa saya tidak takut, sebenarnya, saya merasakan takut yang cukup kuat, tapi jika saya lakukan cukup penting maka rasa takut yang menimpa saya”.



Dalam bukunya Big Magic : Creatif living Beyong Fear, penulis kreatif Elizabeth Gilbert menulis “ Kreatifitas adalah jalan bagi yang berani tapi bukan pula jalan bagi yang tak kenal takut dan penting untuk mengenali perbedaan itu.



Kita harus berhati-hati bagaiaman kita menangani ketakutan-ketakutan kita karena saya menyadari bahwa ketika orang mencoba untuk menghilankan ketakukan mereka, seringkali akhrinya secara tidak sengaja membunuh kreativitas mereka dalam prosesnya”.



Dengan kata lain, inovator sukses membiarkan rasa takut mereka tetap ada, jangan biarkan ketakutan itu menggangu keputusan. Mereka membiarkan diri mereka merasakan ketakutan tapi inovasi harus tetap terus berjalan.


3. Mereka Mempelajari Sesuatu atau Hal Apapun



Filosofi ini melenglang melalui karya revolusioner Jobs. Sebagai CEO dan penulis biografi Walter Isscason menulis HBR: “ Dia menghubungkan sisi kemanusiaan dengan ilmu pengetahuan, seni, hingga teknik. 



Ada teknologi lebih besar (Worznik, Gates) dan pastinya perancang dan seniman yang lebih baik. Tapi tidak ada orang lain di era kita yang bisa lebih baik menciptakan puisi dan prosesor dengan cara tersendatnya inovasi.



Untuk membuat koneksi ini, Jobs harus tahu banyak hal – sangat banyak hal. Itulah sebabnya inovator terbaik juga merupakan pembelajar terbesar, dan bukan hanya tentang bidang yang berkaitan langsung dengan pekerjaan mereka. Mereka mengikuti gairah dan minat yang mungkin tidak masuk akal. Mereka terjun ke topik yang tidak mereka ketahui.


4. Mereka Tidak Pernah Berfikir tahu Akan Semua Hal



Meskipun kita mungkin berpikir bahwa orang sukses benar-benar adalah paling ahli pada bidangnya, orang-orang yang tetap inovatif tidak pernah berfikir dengan asumsi seperti itu. "Saya pikir itu adalah satu-satunya nasihat terbaik: terus pikirkan bagaimana Anda bisa melakukan sesuatu dengan lebih baik, dan menanyai Anda sendiri," share Musk.



"Karena banyak dari kita menghabiskan sebagian besar hidup untuk bekerja dalam beberapa macam bidang keahlian, dan merasa tidak kompeten degan  'berpikir seperti seorang pemula,'" tulisnya. "Jika Anda memiliki keahlian, ada cara untuk memberi perspektif segar kepada diri sendiri: Kelilingi diri Anda dengan non-pakar, wawancarai pelanggan pertama kali dan habiskan waktu anda dengan orang-orang cerdas dari luar pekerjaan anda.


5. Mereka Mewujudkan Inovasi Dengan Para Visioner Di Bidangnya



Inovator yang sukses tahu bahwa mereka tidak dapat melakukannya sendiri. Orang-orang yang mengelilinginya - orang-orang yang mereka ajak berkolaborasi dalam gagasan revolusioner ini - sama pentingnya membuat mereka sukses. Itulah sebabnya mereka menjadikannya prioritas untuk memastikan kolaborasi itu terjadi.



Selama waktunya di Google, Mayer berbagi, "Kami memiliki daftar internal yang hebat ini di mana orang memposting ide baru dan semua orang dapat melanjutkan dan melihatnya. Ini seperti kolam pemungutan suara dimana Anda dapat mengatakan betapa baiknya atau buruknya gagasan Anda. Komentar mengarah pada gagasan baru. "



Jobs merancang bangunan yang dia kerjakan untuk memastikan pertemuan kolaboratif terjadi. "Jika sebuah bangunan tidak mendorong hal itu, Anda akan kehilangan banyak inovasi dan keajaiban yang dipicu oleh ketidaksengajaan. 



Jadi kami merancang bangunan itu agar orang-orang keluar dari kantor mereka dan berbaur di atrium pusat dengan orang-orang yang mungkin tidak mereka lihat, "katanya tentang waktunya di Pixar.



Dengan semangat menciptakan gagasan baru melalui pertemuan kolaboratif, Marriott International menyelenggarakan "Innovation Days", di HR korporat globalnya. 



Ini adalah konferensi internal untuk membawa orang-orang dari berbagai disiplin bersama dan menyediakan ruang untuk menyalakan gagasan baru. Namun hal itu dilakukan, orang-orang sukses mengelilingi diri mereka dengan orang-orang yang menginspirasi mereka.



Semoga artikel ini membantu Anda membawa lebih banyak inovasi ke dalam hidup Anda. Ingatlah bahwa Anda melakukan hal-hal ini untuk kepuasan Anda sendiri dan bukan keinginan orang lain, Tapi segera mereka akan memperhatikannya.



Contoh Video Inovasi Produk






Previous Post
Next Post