Cara Mengatasi Masalah dengan 7 Langkah Mudah

cara-mengatasi-masalah
Artikel Rekomendasi :
7 Cara Mempertajam Intuisi dalam Kehidupan Sehari-hari

Cara Mengatasi Masalah dengan 7 Langkah Mudah - Sudah berapa kali Anda menganggap diri Anda mengatakan bahwa tidak mungkin ada solusi lain untuk masalah - dan masalah itu mengarah pada kebuntuan? Berapa kali Anda merasa bingung mengetahui bahwa masalah orang yang ada sebelum Anda adalah masalah yang tidak dapat Anda selesaikan. Tidak ada petunjuk Tidak ada pilihan Tidak ada solusi.
Apakah Anda merasa telah kehabisan semua pilihan yang mungkin dan masih ada sebelum gunung - besar, tak terkalahkan, dan tak tergoyahkan? Saat menghadapi masalah besar seperti itu, Anda mungkin merasa seperti sedang memukul-mukul gunung baja. Tekanan untuk mengatasi masalah semacam itu mungkin sangat banyak dan membuat Anda bingung bagaimana cara menghadapi stres.

Tapi bergembiralah, Selalu ada harapan !.

Dengan beberapa teknik penyelesaian masalah yang kreatif, Anda mungkin bisa melihat masalah Anda dalam sudut pandang yang berbeda. Dan sudut pandang itu mungkin saja ujung terowongan yang mengarah ke solusi yang penuh dengan kemungkinan dan ini juga bisa menjadi solusi bagi anda mengalami bagaimana cara menghilangkan stres belajar.

Pertama-tama, dalam penyelesaian masalah yang kreatif, Anda harus berpikiran terbuka terhadap fakta bahwa mungkin ada lebih dari satu solusi untuk masalah ini. Dan, Anda harus terbuka terhadap fakta bahwa mungkin ada solusi untuk masalah yang menurut Anda tidak terselesaikan.

Nah, dengan pola pikir optimis ini, kita bisa mencoba sedikit lebih kreatif dalam menyelesaikan masalah kita. Agar lebih bersemangat lagi sebelum membaca tips berikut kata bijak menghadapi masalah yang patut anda renungkan :
KETENANGAN itu akan lahir dari setiap jiwa yang Sabar dan Ikhlas, meskipun dihimpit berbagai masalah Hidup

cara mengatasi stres
Nomor satu; 
Mungkin alasan kita tidak bisa menyelesaikan masalah adalah kita belum benar-benar melihat dengan seksama apa masalahnya. Di sini, mencoba memahami masalah dan memiliki pemahaman konkret tentang cara kerjanya adalah penyelesaian masalah secara integral. Jika Anda tahu cara kerjanya, apa masalahnya, maka Anda memiliki landasan yang lebih baik untuk menyelesaikan masalah. 

Tidak mencoba membuat pernyataan sederhana tentang permasalahan. Cobalah untuk mengidentifikasi entitas yang berpartisipasi dan hubungan mereka satu sama lain. Catat hal-hal yang Anda tahan untuk mendapatkan teguran dari masalah saat ini. Sekarang Anda memiliki pernyataan sederhana tentang apa masalahnya.

Nomor dua; 
Cobalah untuk mencatat semua kendala dan asumsi Anda. Terkadang asumsi inilah yang menghalangi pandangan kita tentang kemungkinan solusi. Anda harus mengidentifikasi asumsi mana yang valid, di mana asumsi perlu ditangani.

Nomor tiga; 
Cobalah untuk menyelesaikan masalah perbagian sehingga membuat hati tenang dalam menghadapi masalah. Selesaikan itu dari masalah umum sampai ke masalah yang lebih rinci. Ini disebut pendekatan top-down. Tuliskan pertanyaan, dan kemudian lakukan dengan satu kalimat solusi dari mereka. Solusinya harus menjadi pernyataan umum tentang apa yang akan menyelesaikan masalah. Dari sini Anda bisa mengembangkan solusinya lebih jauh, dan meningkatkan kompleksitasnya sedikit demi sedikit. 

Nomor empat; 
Meskipun membantu berpikir kritis saat Anda menyelesaikan masalah, Anda juga harus menyimpan suara analitis dan kreatifitas di bagian belakang kepala Anda. Ketika seseorang menemukan solusi prospektif, cobalah memikirkan bagaimana Anda bisa menyelesaikan solusinya. Cobalah untuk menjadi kreatif. Pada saat yang sama, cari celah dalam armor solusi itu.

Nomor lima; 
Perlu diingat bahwa mungkin ada lebih dari satu solusi yang dikembangkan pada satu waktu. Cobalah untuk melacak semua solusi dan perkembangannya. Ingat, mungkin ada lebih dari satu solusi untuk masalah ini.

Nomor enam; 
Ingat pepatah lama itu, "dua kepala lebih baik dari satu." Itu lebih benar dari kedengarannya. Selalu terbuka terhadap ide baru. Anda hanya bisa mendapatkan keuntungan dari mendengarkan semua gagasan yang dimiliki setiap orang. Hal ini terutama terjadi ketika orang yang Anda ajak bicara memiliki pengalaman untuk menyelesaikan masalah yang serupa dengan Anda.

Anda tidak harus menjadi gung-ho, pahlawan solo untuk menyelesaikan masalah. Jika Anda bisa mengatur pemikiran kolektif mengenai masalah ini, akan jauh lebih baik.

cara-membuat-hati-tenang-dalam-menghadapi-masalah
Nomor tujuh; 
Sabar. Selama Anda tekun, selalu ada kemungkinan solusi akan muncul dengan sendirinya. Ingatlah bahwa tidak ada seorang pun yang bisa menciptakan sebuah penemuan untuk pertama kalinya.

Latihan berpikir kreatif juga bisa membantu Anda dalam pencarian Anda menjadi penyelesaian masalah yang lebih kreatif. 

Inilah salah satu contohnya.

Ambil selembar kertas dan tuliskan kata yang terlintas di benak. Sekarang lihat kata itu lalu tulis dua kata pertama yang muncul di benak anda. Ini bisa terus sampai Anda bisa membangun pohon kata-kata yang terkait. Ini membantu Anda membangun keterampilan analogis, dan memperkuat proses kreatif Anda.

Jadi, lain kali Anda melihat masalah yang menurut Anda tidak bisa Anda selesaikan, pikirkan lagi. Solusinya mungkin saja menatap Anda tepat di wajah. Yang dibutuhkan hanya sedikit pemikiran kreatif, beberapa perencanaan, dan keseluruhan proses pengerjaan.

Berikut video Arian Surya cara kreatif menghadapi masalah untuk memotivasi anda.





Previous Post
Next Post