Cara Rahasia Menerapkan Kepemimpinan Efektif


Artikel Rekomendasi:
5 Cara Singkat Mempraktekan Bahagia Itu Sederhana 

Cara Rahasia Menerapkan Kepemimpinan Efektif-Saat anda sedang bekerja, apakah anda merasa frustasi dan tertekan karena keadaan yang tidak berjalan sebagaimana mestinya ? Anda melihat orang lalu-lalang tapi tidak ada satupun pekerjaan yang dikerjakan. Dan dalam kehidupan sehari-hari, apakah anda merasa bahwa tujuan tetap seperti itu, stagnan. Maka sudah saatnya bagi anda untuk berdiri dan bertindak.

Kebanyakan orang puas hanya sekedar mendengarkan perintah. Dan tidak biasa mengadopsi mental follow-the-leader. Tapi mungkin di dalam diri anda merasakan keinginan untuk mewujudkan sesuatu yaitu menjadi kepala bukan ekornya. Lalu mungkin kepemimpinan ternyata hanya cocok untuk anda.

Beberapa orang percaya bahwa seorang pemimpin besar dibuat, bukan dilahirkan. Ya, mungkin benar juga bahwa kepemimpinan terlahir dari bakat alami. Namun tanpa latihan, dorongan, antusiasme dan tanpa pengalaman, tidak akan ada perkembangan pada jiwa kepemimpinan yang sejati.

Anda juga harus ingat bahwa pemimpin yang baik terus bekerja dan belajar untuk meningkatkan keterampilan alami mereka. Ini membutuhkan komitmen untuk terus memperbaiki usaha apa pun yang dipilih seseorang.

Kepemimpinan adalah ?

Pertama, mari mendefinisikan kepemimpinan. Kepemimpinan adalah bagaimana seseorang mampu mempengaruhi orang lain untuk mencapai suatu tujuan. Dia berkontribusi pada organisasi dan kohesi sebuah kelompok.

Bertentangan dengan apa yang kebanyakan orang percaya, kepemimpinan bukan tentang kekuasaan. Ini bukan tentang melecehkan orang atau membuat mereka takut. Ini adalah tentang mendorong orang lain menuju tujuan organisasi. Ini menempatkan semua orang di tempat yang sama dan membantu mereka melihat gambaran besar tentang organisasi. Anda harus menjadi pemimpin bukan seorang bos.

Pertama-tama, Anda harus membuat orang mengikuti Anda. Bagaimana caranya?

Di kutip dari  www.gomarketingstrategic.com bahwa kepemimpinan transformasional merupakan jenis gaya kepemimpinan yang dapat menginspirasi perubahan positif pada mereka yang mengikuti. Orang mengikuti orang lain saat mereka melihat tujuan yang jelas. Orang hanya akan mengikuti Anda jika mereka melihat Anda tahu tujuan Anda.

Ingat stiker yang menempel pada bemper motor? Ada sebuah kalimat yang mengatakan, "jangan ikuti aku, aku juga tersesat?" Hal yang sama berlaku untuk kepemimpinan. Jika Anda sendiri tidak tahu tujuan Anda, kemungkinan orang tidak akan mengikuti Anda sama sekali.

Kepemimpinan Dalam Organisasi

Anda sendiri harus mengetahui visi organisasi. Memiliki pengertian hierarki yang jelas, mengetahui siapa bosnya, siapa yang harus diajak bicara, tujuan dan sasaran organisasi, dan bagaimana organisasi bekerja adalah satu-satunya cara untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda tahu apa yang Anda lakukan.

kepemimpinan efektif
Menjadi pemimpin bukan tentang apa yang Anda lakukan pada orang lain. Ini tentang siapa Anda, apa yang Anda ketahui, dan apa yang Anda lakukan. Anda adalah cerminan dari apa yang seharusnya menjadi bawahan Anda.

Studi telah menunjukkan bahwa satu basis kepemimpinan efektif lainnya adalah kepercayaan, dan kepercayaan bawahan Anda terhadap Anda. Jika mereka mempercayai Anda, mereka akan melewati neraka dan air yang tinggi untuk Anda dan organisasi Anda.

Kepercayaan dan kepercayaan dibangun di atas hubungan baik, kepercayaan, dan etika yang tinggi.

Cara Anda berurusan dengan orang-orang, dan hubungan yang Anda bangun akan meletakkan fondasi untuk kekuatan kelompok Anda. Semakin kuat hubungan Anda, semakin kuat kepercayaan dan kepercayaan mereka terhadap kemampuan Anda.

Begitu Anda memiliki kepercayaan dan kepercayaan diri, Anda sekarang dapat melanjutkan untuk mengkomunikasikan tujuan dan sasaran yang akan Anda lakukan.

Komunikasi adalah kunci yang sangat penting untuk kepemimpinan yang baik. Tanpa ini Anda tidak bisa menjadi pemimpin yang baik. Pengetahuan dan keahlian teknis yang Anda miliki harus disampaikan dengan jelas kepada orang lain.

Juga, Anda tidak bisa menjadi pemimpin yang baik kecuali Anda memiliki penilaian yang baik. Anda harus bisa menilai situasi, menimbang pro dan kontra dari keputusan apa pun, dan secara aktif mencari solusi.

Penghakiman inilah yang akan diandalkan bawahan Anda. Oleh karena itu, pengambilan keputusan yang baik sangat penting bagi keberhasilan kepemimpinan dalam organisasi Anda.

Pemimpin bukanlah pahlawan do-it-all. Anda seharusnya tidak mengaku tahu segalanya, dan Anda seharusnya tidak mengandalkan keahlian Anda sendiri.

Anda harus mengenali dan memanfaatkan keterampilan dan bakat yang dimiliki bawahan Anda. Hanya bila Anda sampai pada realisasi ini, Anda bisa bekerja sebagai satu unit kohesif.

Ingatlah bahwa seorang pemimpin membutuhkan banyak pekerjaan dan waktu. Itu tidak dipelajari dalam semalam. Ingat juga bahwa ini bukan hanya tentang Anda. Ini tentang Anda dan orang-orang di sekitar Anda.

Jadi, apakah Anda memiliki dorongan dan keinginan untuk menjadi pemimpin yang dibutuhkan? Apakah Anda memiliki keinginan untuk bekerja sama dengan orang lain? Lalu mulai sekarang, ambillah pendirian dan jadilah pemimpin hari ini.





Previous Post
Next Post