Cara Sederhana Mengenal Diri Sendiri


Mengenal Diri Sendiri Adalah Prioritas Pertama!

mengenal diri
Bagaimana Anda bisa menetapkan tujuan secara realistis, menjalani hidup, berinovasi dan memiliki hubungan yang sukses jika Anda tidak tahu siapa Anda atau apa yang Anda inginkan? Anda benar-benar tidak bisa.

Tidak tahu diri Anda akan menyebabkan kebingungan dan membuang banyak waktu dalam situasi terpukul dan rindu.

Kita cenderung meremehkan pentingnya mengetahui diri kita sendiri. Banyak dari kita mengalami setiap hari bereaksi terhadap kejadian dan hanya dengan memilih daripada membuat pilihan sadar berdasarkan siapa diri kita dan apa yang kita inginkan.


Ketika kita tidak tahu ke mana kita menuju, sulit menentukan sasaran, termotivasi dan menentukan tindakan terbaik. Sebelum kita bisa melakukan semua hal ini, kita harus menentukan siapa diri kita.

Secara umum untuk mengetahui diri sendiri diantaranya :

  1. Sadarilah kekuatan, kelemahan, suka dan tidak suka Anda
  2. Amati dan waspadalah terhadap suasana hati, reaksi dan respons Anda terhadap apa yang terjadi di sekitar Anda
  3. Sadar akan bagaimana suasana hati dan emosi ini mempengaruhi keadaan pikiran Anda
  4. Periksa bagaimana Anda berinteraksi dengan orang lain
  5. Amati bagaimana lingkungan Anda mempengaruhi Anda

Mengetahui dan memahami diri Anda dengan lebih baik, pada gilirannya, mengarah pada pengambilan keputusan, penetapan dan pencapaian tujuan yang lebih baik dan pada akhirnya hidup lebih produktif.

Mengetahui diri sendiri adalah salah satu hal terpenting dalam hidup. Ini adalah langkah pertama. Ini juga merupakan dasar terpenting. Dalam hidup, Anda juga mengikuti tujuan atau tujuan Anda sendiri dari orang lain. 

Tetapi jika Anda ingin mengikuti tujuan Anda sendiri, Anda harus terlebih dahulu mengetahui apa yang benar-benar Anda inginkan dan bagaimana Anda berfungsi sebagai pribadi.

Kebanyakan orang yang benar-benar sukses tahu apa yang mereka inginkan dari usia yang sangat muda. Mereka menemukan apa yang mereka sukai di awal kehidupan mereka dan mengabdikan hidup mereka untuk satu hal itu dengan segenap gairah dan fokus mereka. 

Nah, meski itu tidak terjadi di awal kehidupan, hal itu terjadi di beberapa titik. Bila kesempatan yang tepat datang, Anda cukup tahu bahwa Anda dilahirkan untuk melakukan itu dengan hidup Anda.

RAHASIA MENGENAL DIRI


Anda dapat membuka kunci potensi sejati Anda saat mendapatkan wawasan tentang diri sejati Anda. Tidak hanya sesuai dengan keinginan Anda, tetapi juga bagaimana Anda berfungsi, mekanisme bertahan hidup psikologis Anda, keinginan dan ketakutan Anda, kekuatan dan kelemahan dan sifat kepribadian lainnya. 

Bagaimana lingkungan bekerja, apa tren dan paradigma yang akan datang, maka Anda bisa membuka potensi sejati Anda. Jika Anda ingin melampaui, Anda harus terlebih dahulu memahami diri Anda sendiri. Berikut rahasasia mengenal diri yang harus anda coba lakukan:

ORANG DAN KEGIATAN YANG ANDA SUKA


Yang pertama sangat jelas. Orang dengan nilai yang sama selalu berkelompok bersama. Orang yang mengelilingi Anda dan Anda suka bergaul dengan biasanya memiliki kepercayaan, nilai, suka dan hobi sama seperti Anda.

Kita semua tahu itu, tapi apa yang dapat Anda lakukan secara sistematis untuk mengenal diri sendiri adalah dengan cermat menganalisis siapa orang yang Anda sukai dan aktivitas apa yang Anda lakukan bersama. Sama halnya dengan aktivitas yang ingin Anda lakukan sendiri. 

Pikirkan hobi Anda dan mengapa Anda menyukai mereka. Tanyakan pada diri Anda topik apa yang ingin Anda ajarkan jika Anda memiliki kesempatan atau apa yang ingin Anda kunjungi.

Anda dan menjadi lebih dan lebih mirip dengan orang-orang yang menghabiskan waktu bersama Anda. Lakukan cara sederhana dan cepat untuk menganalisis orang-orang yang mengelilingi Anda.

NILAI ANDA


Nilai Anda sangat jelas menunjukkan apa yang penting bagi Anda dalam kehidupan. Tapi inilah triknya. Nilai Anda bukan apa yang Anda katakan penting bagi Anda, tapi bagaimana Anda mengalokasikan waktu, uang dan energi Anda. 

Misalnya, jika Anda harus memutuskan antara berolahraga dan pergi ke pub dan memilih yang terakhir, bersosialisasi lebih penting bagi Anda daripada kesehatan.

Jika Anda harus memutuskan antara menghabiskan waktu dengan pasangan atau teman Anda dan Anda memilih yang pertama, kemitraan Anda lebih penting bagi Anda daripada teman Anda.

Analisis dengan cermat bagaimana Anda menghabiskan waktu, uang, energi dan sumber daya lainnya. Kapan Anda mengatakan tidak dan kepada siapa, dan bagaimana Anda membuat pilihan antara dua aktivitas yang berbeda. 

Menganalisis itu akan menunjukkan nilai pribadi Anda dengan jelas. Anda juga dapat membantu diri Anda dengan daftar nilai ini dan kemudian memprioritaskan nilai yang dipilih berdasarkan sistem pengambilan keputusan Anda.

Anda mungkin menemukan satu hal yang sangat menyakitkan, yaitu ketidakkonsistenan apa yang Anda katakan tentang nilai dan apa yang sebenarnya Anda lakukan. Tapi jangan siksa dirimu sendiri. 

Tidak ada kesalahan dan hak. Ini tentang benar-benar mengenal diri sendiri dan menjalani hidup sejati pada diri sendiri. Latihan semacam itu membantu Anda mengembangkan integritas dan kejujuran.

TALENTA DAN BIDANG MINAT ANDA


Bila Anda menganalisis diri Anda sendiri, bagian yang sangat menyenangkan adalah menganalisis talenta dan bidang minat Anda. Setiap kita memiliki bakat, hal-hal yang kita alami secara alami, dan begitu juga Anda. 

Semoga itu olahraga, matematika, semacam seni atau apapun. Masing-masing dari kita memiliki talenta dan karunia khusus. Ini juga merupakan salah satu potensi terbesar Anda, baik secara finansial atau dalam istilah aktualisasi diri.

Pikirkan tentang pokok bahasan yang Anda sukai saat bersekolah, aktivitas mana yang alami bagi Anda dan Anda harus berusaha lebih sedikit daripada orang lain, aktivitas apa yang membuat Anda kehilangan akal dan Anda cukup menikmatinya, apa hobi dan hobi Anda? . Tapi lanjutkan satu langkah lebih jauh dengan analisis Anda. Pikirkan semua jenis kekuatan yang menyertai talenta Anda.

Alat yang bagus untuk melakukan analisis semacam itu adalah analisis SWOT. Anda menganalisis kekuatan Anda di satu sisi dan kelemahan di sisi lain. Anda juga menganalisis peluang dan ancaman sebagai faktor luar yang dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk mencapai tujuan dan keinginan Anda. Sama seperti Anda harus menyadari kelebihan Anda, jadi Anda harus menyadari kekurangan Anda juga.

ORANG YANG ANDA BENCI


Ini mungkin tidak tampak jelas, tapi kita bisa benar-benar belajar banyak dari orang yang kita benci atau tidak suka. Kami selalu tidak menyukai orang-orang yang memiliki ciri kepribadian yang merupakan bagian dari karakter kami namun belum terselesaikan (kami menolaknya) atau yang mengingatkan kita pada pengalaman buruk yang pernah kita alami di masa lalu. Selain itu, kita biasanya juga memiliki nilai yang sangat berbeda dengan orang yang tidak kita sukai.

Meski demikian, ada dua keadaan atau situasi yang berbeda. Kita dapat memiliki keyakinan dan nilai yang berbeda dari orang-orang dan memiliki perasaan netral tentang hal itu. Itulah yang kita sebut perilaku rasional. Orang memiliki pandangan berbeda tentang kehidupan dan tidak ada yang salah dengan itu.

Setiap kita memiliki hak untuk menjalani hidup sesuai keinginan, asalkan tidak membahayakan orang lain. Tapi ketika kita tidak netral dalam situasi seperti ini dan kita mendapatkan perasaan negatif tentang seseorang yang berarti kita memiliki beberapa masalah internal yang tidak terpecahkan. Kita bisa belajar banyak tentang diri kita dengan mengamati siapa yang kita benci atau tidak suka.

Tanyakan secara seksama mengapa kita membenci atau tidak menyukai seseorang dapat memberi tahu kita banyak tentang diri kita sendiri. Apakah kita iri (dari apa dan apa keinginan kita), apakah seseorang di masa lalu memperlakukan kita dengan cara yang sama, dll.

5 WHYS


5 WHYS adalah sebuah teknik sederhana juga digunakan dalam bisnis untuk mengidentifikasi penyebabnya dan tidak hanya mengatasi dampaknya. Jika Anda ingin menyingkirkan konsekuensi untuk kebaikan, Anda harus mendapatkan akar masalahnya. 

Anda dapat mengidentifikasi penyebab sebenarnya dengan bertanya pada diri sendiri "mengapa" beberapa kali berturut-turut. Ini adalah cara untuk mengidentifikasi keinginan Anda yang lebih dalam dan mengapa Anda berperilaku dengan cara tertentu.

Izinkan saya memberi contoh. Saya suka film superhero culun. Mengapa? Karena kebaikan selalu menang meski sistem protektif dan legal formal tidak beroperasi. Mengapa? Karena ada "seseorang" yang lebih kompeten untuk melindungi korban dari yang buruk. 

Mengapa? Karena tidak ada yang layak menjadi korban dan diganggu orang lain. Mengapa? Karena aku tahu betapa mengerikan rasanya. Mengapa? Karena saya mengalami kekerasan dalam rumah tangga saat kecil

REFLEKSI DIRI


Ada juga langkah sistematis yang besar yang bisa Anda lakukan untuk menganalisis diri Anda sendiri. Psikoanalisis, teknik psikologis yang dipopulerkan oleh Sigmund Freud, didasarkan pada Anda yang mencerminkan tingkah laku Anda. 

Berbicara tentang diri Anda dan datang ke epifani kecil dan memahami mengapa Anda berperilaku dengan cara tertentu dan apa yang mendorong Anda. Ini terutama didasarkan pada asosiasi bebas, fantasi dan mimpi. Dan Anda tidak memerlukan terapis untuk itu.

Dijelaskan dengan cara yang sangat sederhana, refleksi diri berarti sekali seminggu, Anda memerlukan waktu satu jam atau lebih untuk merenungkan tujuan, pola perilaku, emosi negatif dan positif Anda dan hal lain yang terjadi dalam hidup Anda. 

Lebih baik melakukan ini setiap hari, dengan menulis jurnal, tapi Anda memerlukan banyak waktu untuk itu, tentu saja. Meski begitu, Anda bisa memiliki terobosan hebat dengan mengenal diri sendiri.

Merefleksikan juga merupakan bagian integral dari pengembangan perangkat lunak tangkas (SCRUM), di mana tim merefleksikan bagaimana mereka bekerja dan di mana mereka dapat memperbaiki secara teratur setiap minggu. Saya melakukan refleksi diri setidaknya dua kali per minggu dan saya sampai pada wawasan kecil tentang diri saya setiap saat.

Memiliki pelatih personal juga merupakan pilihan tepat untuk membantu Anda dengan refleksi diri. Anda selalu sangat bias saat menilai diri sendiri dan orang lain. Ini bukan brainer bahwa Anda menilai orang lain dengan lebih ketat dan bahwa Anda memanjakan diri sendiri. Pelatih yang jujur dan tangguh, tapi adil, bisa sangat berkontribusi terhadap refleksi yang lebih realistis.

MODE PENCARIAN


Cara yang lebih menyenangkan untuk mengenal diri sendiri adalah menguji dan mencoba berbagai hal dalam hidup. Berdasarkan prinsip AgileLeanLife, saya menyebutnya mode pencarian. Anda mungkin menganggap apa yang Anda suka dan tidak suka dalam hidup tapi Anda tidak benar-benar tahu sampai Anda mencobanya. 

Selain mengembangkan diri (personal evolution) dan memberi nilai kepada dunia (menciptakan), tujuan penting lainnya dalam hidup Anda adalah bahagia dan berpengalaman sebanyak mungkin.

Mengapa tidak mencoba sebanyak mungkin hal yang bisa dibayangkan. Anda kemudian bisa melakukan yang Anda suka berulang-ulang, dan buang saja yang tidak Anda sukai. Tapi paling tidak kau tahu kau sudah mencobanya. 

Anda harus selalu berada dalam mode pencarian dalam kehidupan Anda - menguji, mencoba dan bereksperimen hal-hal baru. Tujuan perjalanan baru, makanan baru, orang baru, pose seks baru, sebutkan saja.

Rutin adalah pendekatan yang jauh lebih populer untuk hidup, tapi hanya karena mudah dan aman. Meski demikian, rutinitas adalah sebagian terbuang nyawa. Ada begitu banyak hal yang harus dilakukan dalam hidup, begitu banyak hal yang harus dicoba. Jangan pernah menyelesaikan rutinitas hanya karena mudah. Hidupmu dimulai di akhir zona nyamanmu.

TUJUAN PRIBADI


Pendekatan lain untuk mengenal diri Anda adalah tes kepribadian. Ada banyak tes kepribadian yang berbeda yang bisa Anda ambil. Anda bisa menemukan banyak dari mereka di internet, beberapa di antaranya bahkan bisa Anda ambil secara gratis, tapi biasanya bukan yang terbaik.

Berinvestasi untuk mengetahui diri Anda adalah salah satu investasi terbaik yang dapat Anda lakukan, jadi dengan mengeluarkan sejumlah uang untuk tes semacam itu seharusnya tidak menyia-nyiakan banyak uang untuk Anda. 

Mungkin Anda juga bisa menghubungi salah satu agen SDM atau pelatih pribadi untuk membantu Anda memilih tes yang benar dan memberi Anda petunjuk tambahan. Nah, meski Anda tidak menyukai tes di sekolah, tes ini seharusnya menyenangkan.

SOSIALISASI UTAMA DAN SEKUNDER


Cara yang baik untuk melihat beberapa bagian diri Anda adalah menganalisis orang tua dan kepribadian dan perilaku mereka, riwayat keluarga, proses sekolah, sejarah bangsa dan negara Anda saat ini, budaya dan sebagainya. 

Semakin sedikit Anda mengenal diri sendiri, semakin sedikit Anda bertekad untuk menjalani hidup Anda sendiri, semakin Anda hanya merupakan produk lingkungan.

Meskipun demikian, apakah Anda menginginkannya atau tidak, sebagian besar kepribadian Anda tidak dipilih oleh Anda tapi agak diwariskan dan diberikan. 

Memahami akar, sejarah dan terutama orang tua Anda dapat banyak membantu Anda dalam memahami diri Anda dan menjadi lebih dekat dengan diri sejati Anda, untuk mengetahui bagian mana yang harus disimpan dan bagian mana yang harus dibuang.

Menganalisis faktor-faktor ini benar-benar dapat membantu Anda memahami siapa diri Anda sebenarnya, apa pola perilaku positif dan negatif warisan Anda, hal-hal seperti apa yang dikenakan pada Anda, bagaimana Anda serupa atau berbeda dari orang tua Anda, apa yang mereka lakukan dengan benar dan yang salah saat membesarkan Anda dan sebagainya.

LINGKUNGAN ANDA


Dunia luar Anda hanyalah cerminan dari dunia batin Anda. Pada titik tertentu, saat menjadi dewasa, Anda memilih hampir semua elemen lingkungan Anda. Selain menganalisis orang, menganalisis lingkungan Anda dapat mengungkapkan banyak tentang kepribadian Anda dan siapa diri Anda.

Apakah meja Anda rapi atau tidak, di mana Anda tinggal, aplikasi mana yang Anda gunakan di komputer dan ponsel Anda, apakah Anda memiliki hewan atau tumbuhan di rumah, budaya perusahaan tempat Anda bekerja, tempat yang Anda pilih untuk dikunjungi atau Kunjungi dll Semuanya mengungkapkan bagian kecil dari karakter Anda dan siapa Anda. Analisis dengan hati-hati. Anda dapat membantu diri Anda sendiri dengan semua elemen strategi kehidupan.

TANYAKAN ORANG LAIN


Teknik selanjutnya untuk mengenal diri Anda lebih baik hanyalah bertanya kepada orang lain. Ada satu trik sederhana untuk melakukan itu. Kita semua suka memuji dan membenci kritik. Dengan demikian kita harus mempersiapkan diri kita untuk umpan balik yang baik dan buruk, asalkan bersifat konstruktif dan adil. 

Hal yang baik adalah bahwa kita biasanya dapat belajar lebih banyak dari yang negatif daripada umpan balik positif. Mintalah orang memberi umpan balik kepada Anda.

Dalam bisnis dan sumber daya manusia, ada metode evaluasi yang sangat terkenal yang disebut umpan balik 360 derajat. Poin utama dari analisis dan refleksi ini adalah memasukkan umpan balik langsung dari semua pemangku kepentingan yang berbeda - bawahan, rekan kerja, dan atasan karyawan, namun evaluasi diri juga disertakan. 

Dalam beberapa kasus, ini juga mencakup umpan balik dari sumber eksternal, seperti pelanggan dan pemasok atau pemangku kepentingan lainnya. Semakin banyak umpan balik, semakin banyak sudut, semakin banyak cara untuk memperbaiki diri.

Dengan demikian Anda bisa bertanya kepada teman, rekan kerja, pasangan, orang tua, anak-anak, dll. Untuk umpan balik tentang diri Anda.

METODE ALTERNATIF


Ada juga beberapa metode alternatif yang bisa Anda gunakan, seperti astrologi (grafik kelahiran) atau teknik spiritual lainnya (numerologi dan ratusan lainnya). Saya tidak melihat argumen melawan alat dan teknik semacam itu jika mereka bekerja untuk Anda. Dan jika Anda pikir mereka tidak berguna, abaikan saja.

Itulah dasar AgileLeanLife dan saya tidak ingin menentangnya dalam situasi apa pun. Pilih alat dan hal-hal yang bekerja untuk Anda secara pribadi sebagai idividual. Memiliki pikiran terbuka sangat penting dalam kehidupan. Seperti kutipan yang terkenal: pikiran Anda seperti parasut, hanya bekerja saat terbuka.

MENDENGARKAN SUARA HATI POSITIF ANDA


Jika Anda benar-benar ingin bahagia dan sukses, Anda harus selalu berhubungan dengan diri sejati dan suara hati Anda.

Masalah pertama adalah Anda sudah kehilangan kontak dengan diri Anda sendiri melalui sosialisasi primer dan sekunder. Semakin sedikit keinginan Anda didengarkan, semakin sedikit Anda didengar dan dihargai dan dicintai di usia muda, dari orang tua, guru dan orang lain, semakin Anda mulai menekan keinginan dan harapan Anda terhadap orang lain dan masyarakat.

Masalah kedua adalah bahwa ada terlalu banyak suara di luar sana karena semua perangkat interaktif, billboard iklan, tugas, tugas dan kegiatan lainnya. Alih-alih mendengarkan diri kita dan keinginan sejati kita, kita cenderung berperilaku sesuai harapan masyarakat.


Jangan lakukan itu untuk dirimu sendiri, hidupmu terlalu berharga. Kenali diri Anda, selalu lakukan refleksi biasa dan tetap terhubung dengan suara hati dan diri sejati Anda. Ini akan melakukan mukjizat untuk kualitas hidup Anda.

Berikut adalah video yang menambah motivasi anda dalam mengenal diri






Previous Post
First