10 Pertanyaan Wajib Untuk Mengenal Diri Sendiri


mengenal-diri
Apa sebenarnya yang membuat anda Klop ?

Jadilah yang anda bisa sesuka hati, tanpa batasan tanpa ada penghalang. Saya sering merasakan kepuasan hidup dengan keadaan apa adanya. Tetapi tentu saja susah memikirkan hal lain kapan sebenarnya keinginan yang membuat “klop” bisa di capai.

Saya masih bercita-cita yang lebih dari sebelumnya, meningkat dari keadaan apa adanya. Karena lebih bermakna dan lebih banyak manfaatnya.
Setiap kita diselimuti dengan masalah. Jujur saja hal itu seharusnya tidak menggangu atau bahkan mengahalangi kita untuk menjadi apa yang kita inginkan. 

Kepribadian sebagai seorang anak harus tetap ada di dalam diri kita, meski umur kita tidak bisa menghitung akan berakhir kapan. Selama kita menggengam terus mimpi-mimpi seperti waktu kecil penuh dengan cita-cita yang tak terbatas.

Saatnya anda menanyakan kepada diri anda dengan 10 pertanyaan berikut sebagai  jalan untuk memperbaiki diri agar anda dapat menjadi apa saja yang anda inginkan.

1. Apa Yang Sebenarnya Saya Inginkan?

Bayangkan hal apa saja yang dapat anda lakukan dengan umur anda sekarang. Begitu banyak hal yang ingin anda lakukan dan begitu sedikit waktu yang tersedia yang anda nikmati setiap hari. Terkadang kita melakukan aktifitas yang tidak produktif dalam keseharian, dan saat merenungi waktu yang berlalu hanya bisa menyesal manakala tidak mendapat apa yang kita inginkan.

Temukan sesuatu yang anda sukai untuk bisa membantu mewujudkan langkah kecil menuju perbaikan dan produktifitas keseharian anda. Melakukan potongan-potongan kegiatan yang bermanfaat memudahkan anda mencapai hal sebenarnya yang anda inginkan. Ketekunan adalah kunci untuk mengetahui bahwa waktu itu sangat berharga.

2. Haruskah Saya Benar-Benar Berubah?

Generasi saat ini telah bergeser ke tingkat lain untuk mendefinisikan mengenai “diri” atau setidaknya itulah yang basa dikatakan anak-anak remaja.

Memiliki sepasukan keponakan remaja dan keponakan telah mengajari saya bahwa ada banyak hal buruk yang bisa mereka dapatkan dari pada jerawat atau bahkan pergaulan bebas. Jadi bagaimana cara anda memilihnya sesuai dengan gaya hidup anda?

Jika sejarah telah mengajarkan satu hal, inilah kehidupan yang telah kita alami. Cobalah untuk melakukan kegiatan bermanfaat dan berbobot seperti kegiatan sosial dengan gaya kekinian dan sedang trend sekarang yang cocok untuk generasi muda. Kegiatan yang syarat manfaat dan produktifitas seharusnya membuat generasi muda menambah kepribadian rasa berbagi.

mengenal diri

3. Sisi Baik ?

Dengan begitu banyak yang terjadi di sekitar kita sepertinya tidak ada tempat untuk mempertimbangkan sebuah cahaya di ujung lorong. Kita masih bisa melihatnya sebagai sesuatu yang positif tanpa menjalani banyak kecemasan. Dan jika itu adalah kereta di ujung terowongan, maka naiklah dan lihatlah apa yang membuat kehidupan dunia terus berubah !

4. Apakah Saya Merasa Nyaman Dengan Apa Yang Saya Lakukan?

Selalu ada cara mudah dan cara yang benar ketika harus memutuskan apa yang terjadi dengan sepatu, atau tas, kemeja dan yang lainnya. Tidak perlu jenius untuk melihat diri Anda sebagai seseorang yang unik, jika tidak kita sama-sama dalam semua hal yang kita lakukan. Berbagai macam cara menghadirkan pertanyaan yang sangat menarik untuk melakukan exsperimen.

5. Sudahkah Saya Melakukan Cukup Untuk Diri Saya Sendiri?

Apakah Anda, atau adakah sesuatu yang lebih ingin Anda lakukan? Ketidakpuasan dalam setiap aspek bisa berbahaya dalam kapasitas keinginan yang lebih besar. Namun dalam jumlah kecil Anda bisa melihat dan melakukan hal-hal yang tidak dapat Anda bayangkan untuk dilakukan.

6. Apakah Saya Senang Dimana Saya Hari Ini?

mengenal diriIni pertanyaan yang kurang bijaksana jadi tidak usah perdulikan dengan jawabannya! Anda suka menjadi ibu yang baik dan penuh kasih sayang kepada anak-anak Anda, kemudian anda melakukannya dan benar saja anak-anak akan mencintai anda selamanya. Hal yang sama pula akan terjadi pada kehidupan sehari-hari!. Melakukan kebaikan akan dibalas berlipat kebaikan begitu pula sebaliknya.


7. Apakah Saya Menarik Lawan Jenis?

Kemungkinan saya tidak memiliki jawaban untuk hal tersebut, tapi bukan berarti saya tidak memunyai solusinya. Apakah Anda membentuk kepribadian kearah positif, mengubah cara memakai pakaian atau rambut, atau bahkan sikap Anda terhadap orang lain. Anda harus selalu mengingatnya demi keuntungan Anda sendiri. Perubahan yang anda lakukan sekecil apa pun akan berdampak kepada setiap sikap anda.

8. Berapa Banyak Yang Bisa Saya Miliki?

Saya pikir dalam kasus ini tidak ada hal yang terlalu banyak atau terlalu sedikit, tapi ini lebih pada seberapa buruk Anda benar-benar membutuhkannya. Saya ingin punya banyak uang, hal tersebut tidak dapat disangkal, tapi pertanyaannya adalah seberapa banyak Anda bersedia bekerja, seberapa banyak anda mau berkorban, bersusah payah untuk itu?

9. Apa Yang Memotivasi Saya?

Apa yang memotivasi anda ? Ini adalah jawaban yang harus Anda temukan sendiri. Ada banyak hal yang bisa membuat semua orang bahagia, tapi memilih salah satu dari hal itu mungkin bagian tersulit. Ini tidak seperti ketika anda mengambil seporsi makanan favorit yang tersedia diprasmanan. Coba saja ambil secara berangsur-angsur perlahan anda pun kenyang tanpa overload kekenyangan.

10. Apa Benar-benar Membuat Anda “Klop”?

Begitu? Ya. Apa yang benar-benar membuat anda dalam keadaan “klop”, “cocok”? Anda bisa menjadi apa saja yang Anda inginkan, tapi untuk menyadari bahwa mencapai sesuatu yang mungkin tampak sangat sulit dan menyerah bahkan sebelum Anda memulai perjalanan. Selalu ingat, bahwa perbaikan diri bukan hanya tentang perubahan fisik atau filosofis yang harus Anda jalani, tapi itu adalah sesuatu yang benar-benar Anda inginkan.

mengenal diri dalam islam

Kesimpulan

Banyak faktor dalam diri anda untuk melakukan perubahan, tapi sedikit-demi sedikit perjalanan perubahan dalam kehidupan anda akan berpengaruh besar terhadap setiap aspek di luar diri anda. 

Perubahan diri tidak terjadi dalam sekaligus tapi perlu berproses dan nikmatilah proses tersebut seperti anda mengambil makanan sedikit demi sedikit sehingga anda kenyang tanpa harus kekenyangan. Karena saat anda lelah dengan perubahan tersebut anda akan memotivasi ulang dan meregenerasinya.

Diri anda yang unggul akan terus berproses dari kegagalan hidup membuatnya belajar mengatasi ketidakmampuan mencapai tujuan.

Semoga artikel ini bermanfaat.
Previous Post
Next Post