10 Langkah Berharga Meningkatkan Komunikasi Yang Efektif

komunikasi-efektif
Artikel Rekomendasi :
7 Program Peningkatan Kekuatan Berpikir Positif Yang Bisa Dilakukan Di Rumah
 
Tahukah anda The Blarney Stone ?, The Blarney Stone adalah batu bersejarah bagian dari Kastil Blarney di Irlandia yang diyakini bahwa dengan mencium batu tersebut anda akan diberi kekuatan untuk pintar berbicara. Ya. Rasanya aneh di zaman sekaran ini,  tapi siapa juga kita untuk mempertanyakan tradisi ?.

Ada banyak hal yang perlu kita ketahui tentang percakapan yang bisa disadari oleh siapa saja, bahkan percakapan yang pernah kita sadari. Anda bisa menonton acara talk show, program radio, klub yang mendedikasikan untuk public speaking atau pun percakapan biasa, yang masih memberlakukan aturan tertentu menyangkut kata-kata untuk berinteraksi.

Terdengar membosankan bukan ? dan saya pun tahu. Tapi meskipun mulut anda sedang melakukan percakapan, otak anda bekerja dua kali lebih keras untuk mengeluarkan banyak hal yang anda ketahui. Jadi cara terbaik untuk mulai belajar cara komunikasi efektif adalah mengenal orang yang paling dekat dengan Anda, siapa lagi kalo bukan “anda sendiri”. Jadi sepuluh cara ini yang anda perlukan untuk berkomunikasi lebih efektif.

1. Apa Yang Anda Tahu ?

Pembelajaran adalah tentang bagaimana cara mempelajari seuatu hal dari dasar, tapi menjadi pembicara yang efektif adalah bagaimana cara mempraktekan apa yang telah anda pelajari. Tugas saya sebagai tamu di setiap pertemuan seminar mengajari saya bahwa kita semua memiliki keterbatasan, tapi bukan berarti kita tidak dapat belajar untuk mengikutinya dan berbagi hal apa saja yang memang kita ketahui.

2. Mendengarkan

Sama pentingnya dengan mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri, terkadang mendengarkan suara kita sendiri bisa mengajari kepada kita untuk sedikit percaya diri dengan diri sendiri dan mengatakan hal yang kita percayai tersebut dengan penuh keyakinan.

3. Kerendahan Hati

Kita pasti pernah membuat kesalahan, dan saat kita merasa bersalah kata-kata kita kadang terbata-bata dan salah mengucapkan kata-kata tertentu meskipun kita tahu artinya, disaat kita menggunakannya hanya untuk mengesankan pendengar. Jadi  saat anda berada dalam sebuah kelompok jangan takut untuk  bertanya apakah kata-kata Anda sudah tepat dan benar. Jika mereka tidak yakin dengan pertanyaan kita maka buatlah jokes dari kata-kata tersebut. Saya yakin orang akan tersenyum dan Anda pun dengan lapang hati akan menerimanya.

4. Kontak Mata

Ada banyak hal yang harus Anda sampaikan saat mata mengarahkan perhatian ke audiens dengan tatapan mata tajam Anda. Betapa pentingnya bila anda tetap fokus saat berbicara dengan suatu kelompok besar semisal dalam sebuah pertemuan. Begitu pula dengan teman Anda tanpa terkecuali, kontak mata bisa menciptakan kehangatan dan perhatian dengan lawan bicara sehingga Aanda akan dianggap benar-benar perhatian dalam berinteraksi.

5. Candaan

Sedikit banyak candaan bisa menciptakan keajaiban untuk menghilangkan ketegangan, atau pun kebosanan kearah yang lebih buruk seperti saat Anda melakukan public speaking. Dengan demikian Anda akan mendapat perhatian dari audiens dan mereka pun akan merasakan bahwa Anda adalah orang yang mudah didekati dan ramah. Candaan bisa diterapkan dimana saja dan dengan siapa saja, tapi Anda juga harus cerdas untuk memilih moment yang tepat dengan siapa anda berbicara.



6. Jadilah seperti mereka 

Interaksi adalah tentang berbaur dengan orang lain, ide akan terus mengalir, dan juga mengetahui apa yang mereka anggapkan terhadap diri Anda.

7. Aku dan diriku sendiri

Akui saja, saat Anda bernyanyi untuk diri sendiri di kamar mandi, Anda tahu apa yang anda lakukan. Mendengarkan suara Anda sendiri dengan mempraktikkan ucapan di depan cermin dapat membantu memperbaiki area tekanan pada nada Anda. Dan saat melakukannya anda bisa menilai kelebihan dan kekurangan dari percakapan Anda.

8. Dengan senyuman

Senyum adalah seperti berkata-kata langsung dengan mata lawan bicara. Meringis atau mengerutkan  dahi dalam sebuat interaksi tidak akan berguna, malah menjadi timbal balik yang buruk bagi Anda. Dan lebih baik lagi senyum diiringi dengan ucapan akan terasa lebih baik.

9. Berperan

Berperan ini setidaknya ada satu atau dua orang yang menjadi figur setiap tindakan yang anda lakukan. Anda meniru sikap positif dan berperan sebagaimana figur tersebut bersikap. Mempelajari dan mengikuti langkah orang-orang sukses dalam komunikasi efektif membantu anda mendorong setiap langkah yang Anda rencanakan. Tentu sangat baik mengambil hal yang baik dan mengikuti para pakar bisa jadi akan menjadi pakar juga dalam bidang Anda.

10. Persiapan

Persiapan yang terbaik bukan hanya menuliskan catatan dengan tergesa-gesa. Tapi gunakan segala macam sarana untuk Anda mencatat setiap ada poin-point penting untuk membangun komunikasi efektif. Bisa lewat gadget, catatan kecil di meja, atau sticky note dilaptop Anda. Dengan menuliskan setiap prilaku komunikasi efektif Anda akan terus teringat rumus-rumus yang sudah anda tuliskan.

Kesimpulan

Demikian artikel komunikasi efektif,  Saran ini tidak terlalu populer, namun Saya telah belajar memberdayakan diri Saya saat berbicara dengan publik atau pribadi dan tidak ada salahnya untuk bersabar mendengarkan bagaimana mereka melakukan percakapan dan pertemuan yang jauh lebih menyenangkan dan juga lebih mendidik. Sehingga komunikasi yang efektif bisa membangun kepribadian Anda.




Previous Post
Next Post