5 Point Penting Strategi Untuk Memaksimalkan Waktu

 

Tidak dapat disangkal kebenaran pepatah, "Waktu adalah emas."

Anda sepertinya tidak pernah mendapatkan cukup waktu. Sekalipun Anda diberi waktu tiga puluh jam dalam sehari, Anda tetap tidak akan bisa merasa cukup. Entah bagaimana, beberapa hal akan muncul dan Anda akhirnya akan menginginkan lebih banyak waktu. Waktu adalah komoditas yang berharga. Setelah hilang, tidak dapat dipulihkan.

Faktanya adalah: ketika Anda sibuk, waktu berlalu dengan cepat. Tapi bila Anda tidak, waktu sepertinya berhenti. Ini benar ketika Anda sedang menghabiskan waktu karena tidak ada lagi yang bisa dilakukan dalam keadaan tersebut. 

Bagaimana Anda memaksimalkan penggunaan waktu Anda? Akan sepadan dengan waktu Anda untuk mempertimbangkan strategi berikut:

 

  • Periksa Jadwal Anda di Awal Hari

Tinjau secara keseluruhan. Anda mungkin memperhatikan bahwa sebagian hari Anda mungkin sibuk, sementara beberapa mungkin tidak terlalu hiruk pikuk. Distribusikan aktivitas Anda secara merata sepanjang hari.

Siapkan buku catatan agar Anda dapat memantau jadwal Anda. Ini juga membantu mengingatkan Anda tentang tugas dan komitmen Anda. Buku catatan dan buku catatan jadwal membantu Anda menghindari kegiatan yang tumpang tindih. Jika terjadi tumpang tindih, tentukan mana yang menjadi prioritas.

Setelah menyebarkan jadwal Anda untuk hari itu dan Anda masih merasa kewalahan dengan banyaknya tugas yang harus diselesaikan, Anda mungkin harus melupakan beberapa di antaranya. Jadwalkan ulang tugas lain untuk hari lain.

Apa yang sebenarnya Anda lakukan sangat mirip dengan membersihkan lemari. Saat lemari Anda rapi, Anda menghindari kepala terbentur secara tidak sengaja oleh benda-benda yang jatuh saat membuka pintunya. Selain itu, jika sudah beres, kemungkinan besar Anda akan menemukan ruang kosong yang tersedia.

  • Minta Penjadwalan Ulang Sebelumnya

Ini terutama benar ketika orang lain akan terpengaruh. Tunjukkan kesopanan dengan melakukan ini di muka. Ini menyisakan waktu bagi orang tersebut untuk menyesuaikan diri dengan jadwal baru. Siapa tahu? Anda mungkin membantu pihak lain. Mereka mungkin berada dalam kesulitan yang sama seperti Anda, dan mereka tidak akan menyadarinya kecuali Anda memberitahukannya kepada mereka.

  • Jadilah Kreatif

Waktu adalah elemen ketika kreativitas sederhana dapat dipraktikkan. Misalnya, Anda perlu mencuci pakaian tetapi di saat yang sama, Anda juga harus terburu-buru dan membeli beberapa bahan makanan. Mungkin, yang dapat Anda lakukan adalah menyetel mesin cuci Anda untuk mencuci pakaian saat Anda pergi ke toko grosir. Atur waktu Anda di toko bahan makanan dan di rumah, tepat pada saat cucian selesai.

Anda bahkan bisa memasak secara bersamaan dengan menggunakan slow cooker. Itu memasak makanan dengan sendirinya. Anda bahkan dapat menjemput anak-anak dari sekolah setelah berbelanja. Empat tugas digabungkan menjadi satu. Yang dibutuhkan hanyalah penjadwalan dan sedikit kreativitas.

  • Tugas Pertama ada Kesalahan

Saat Anda harus melakukan tugas tertentu untuk pertama kalinya, wajar saja jika terjadi kesalahan. Namun, tugas pertama kali tidak harus merupakan kesalahan besar. Namun apabila tidak adanya arahan yang jelas tentang bagaimana melakukan sesuatu, luangkan waktu untuk merencanakannya sebelum Anda mengambil tindakan. Ini menghemat waktu, tenaga, dan uang.

  • Visualisasikan Kemungkinan Hasil dari Tujuan Anda

Cari alternatif. Pilih yang lebih baik dari dua alternatif atau lebih. Jika hanya ada satu pilihan, lakukan dengan cara yang sama. Beberapa tugas mungkin tampak sulit saat Anda memikirkannya, tetapi belum tentu saat dilaksanakan. Hal yang sama juga berlaku sebaliknya.

  • Kesimpulan

Waktu adalah sesuatu yang Anda tidak akan pernah merasa cukup. Anda menjadi bijak ketika Anda memilih untuk memaksimalkannya.

 

Previous Post
Next Post